Kamis, 05 September 2019

Nama-nama Hari dalam Bahasa Arab dan Artinya

Dalam bahasa Arab hari berarti يوم (yaumun) yang memiliki bentuk jamak أيام (ayyaamun). Seperti dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lainya, dalam bahasa arab juga dikenal 7 nama hari dalam satu pekan. Nama-nama ini tentunya akan begitu familiar di telinga kita orang Indonesia karna memang nama-nama hari dalam bahasa Indonesia sebagian besar diadopsi dari bahasa Arab.

nama hari bahasa arab
Nama Hari Bahasa Arab

Nama-nama Hari dalam Bahasa Arab

No  B. Arab  B. Indonesia
1الأَحَدُAhad
2الإثْنَيْنِSenin
3الثُّلَاثَاءُSelasa
4الأَرْبِعَاءُRabu
5الخَمِيْسُKamis
6الجُمُعَةُJumat
7السَّبْتُSabtu

No  B. Arab  B. Indonesia
1يَوْمُ الأَحَدِAhad
2يَوْمُ الإثْنَيْنِSenin
3يَوْمُ الثُّلَاثَاءِSelasa
4يَوْمُ الأَرْبِعَاءِRabu
5يَوْمُ الخَمِيْسِKamis
6يَوْمُ الجُمُعَةِJumat
7يَوْمُ السَّبْتِSabtu

Catatan: Dalam penggunaannya, nama-nama hari terkadang disebutkan tunggal seperti الأَحَدُ، الإثْنَيْنِ، الثُّلَاثَاءُ . Namun tak jarang juga ditambahkan kata hari di deppannya seperti; يَوْمُ الأَحَدِ ، يَوْمُ الإثْنَيْنِ ، يَوْمُ الثُّلَاثَاءِ dan seterusnya.

Dalam segi makna, keduanya tidak berbeda, kata الإثْنَيْنِ (senin) juga memiliki makna يَوْمُ الإثْنَيْنِ ( hari senin). Namun jika kita perhatikan, harokat diakhir kata pada hari-hari yang ditambahkan kata يوم mengalami perubahan dari harokat dhommah menjadi kasroh, hal ini dikarenakan adanya perubahan bentuk kata menjadi sighoh mudhof-mudhof ilaih.

Arti Nama Hari Bahasa Arab

  1. الأحد berasal dari واحد (satu) atau أول (pertama), bermakna hari pertama dalam sepekan, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan الأول (al Awwal)
  2. الإثنين berasal dari اثنان (dua) atau ثاني (kedua) ,bermakna hari kedua dalam sepekan, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan الأهون (Al Ahwan)
  3. الثلاثاء berasal dari ثلاثة (tiga) atau ثالث (ketiga) bermakna hari ketiga dalam sepekan, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan الجبار (al Jubbar)
  4. الأربعاء berasal dari أربع (empat) atau رابع (keempat), bermakna hari keempat dalam sepekan, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan الدبار (Ad Dubbar)
  5. الخميس berasal dari خمسة 9 (khomsatun) atau خامس (kelima), bermakna hari kelima dalam sepekan, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan المؤنس (al muannas)
  6. الجمعة berasal dari kata الاجتماع (al ijtima') yang berarti berkumpul, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan عروبة (arubah)
  7. السبت konon diadopsi dari شبت dalam bahasa Ibriyah yang artinya damai/beristirahat, dalam bahasa Arab kuno disebut dengan شيار (syiyar)

Demikian, daftar nama-nama hari dalam bahasa Arab. Semoga bermanfaat dan selamat menghafal.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon