Istilah dan Intruksi Yang Banyak Digunakan dalam Kitab Bahasa Arab Baina Yadaika Jilid I

Kitab Silsilah Arobiyah Baina Yadaiaka menurut saya merupakan salah satu kitab terbaik yang dirancang khusus untuk para pemula yang ingin mendalami bahasa Arab.

Bahasa yang digunakan di dalam buku ini pun cukup mudah untuk difahami dan berjenjang menurut lefel atau mustawa pelajar. Apalagi buku ini sudah dilengkapi dengan audio MP3 yang akan semakin mempermudah para pelajar dalam mengucapkan setiap patah kata dalam buku tersebut.

Tapi terkadang yang menjadi problem khususnya bagi mereka yang coba belajar secara otodidak adalah kesalahan dalam memahami istilah kunci atau intruksi yang ada di buku tersebut. Sehingga hal tersebut membuat pelajar cukup terkendala dalam memahami dan menyerap isi buku.

Image: www.arabicforall.com


Nah berikut ini beberapa istilah dan intruksi yang banyak digunakan dalam kitab Al Arobiyah baina Yadaika:

1.الحوار
Al hiwar artinya "percakapan", yaitu kumpulan contoh percakapan dalam bahasa Arab. Biasanya terdapat الحوار الأول (percakapan pertama) الحوار الثاني (percakapan ke-2) الحوار الثالث (percakapan ke-3).

2. انظر و استمع و اعد
Undzur was Tami' wa A'_id artinya: " lihat, dengarkan dan ulangi ". Merupakan intruksi yang terdapat pada setiap hiwar. Intinya anda diperintahkan untuk menyimak bacaan yang akan dibacakan guru atau peraga dalam MP3 kemudian anda ikuti pengucapannya dengan benar.

3. المفردات
Al Mufrodat artinya: "kosa kata". Merupakan kumpulan kosa kata yang terdapat dalam hiwar. Setiap kosa kata diberikan gambar penjelas.

4. المفردات الأضافية
Al Mufrodat Al Idhofiyah artinya " kosa kata tambahan". Merupakan kumpulan kosa kata tambahan yang terbatas dalam satu tema. Contoh: Bilangan 1-10 , bilangan urutan 1-10, Jam 1-12, warna dan lain-lain.

5. التراكيب النحوية
At Tarokib An Nahwiyah artinya "Struktur nahwu". Merupakan kumpulan sruktur-struktur kalimat bahasa Arab yang ada pada bab terkait. Biasanya berbentuk latihan dan diakhiri dengan ringkasan yang disebut ملخص  التراكيب النحوية (mulakhos at_tharokib annahwiyah).

6.تبادل السؤال و الجواب مع زميلك كما في المثال
Tabadalis Su_al Ma'a Zamielika Kama fiel Misaal artinya "Bergantianlah menanya dan menjawab seperti dalam contoh". Perhatikan saja contohnya, lihat kata kunci yang berada di bawah gambar serta kata-kata yang ditebalkan.

8. الأصوات و فهم المسموع
Al Ashwat Wa Fahmul Mas'mu' artinya " Suara dan memahami audio". Memang agak susah saya membahsakannya dalam bahasa Indonesia. Tapi intinya bagian ini tidak jauh beda dengan listening dalam pelajaran bahasa Inggris.

9.استمع ثم ضع ( علامة الصحيح ) في المربع المناسب
Istami' Tsumma Dho' ( alamatas Shohih)  fiel Murobba' Al Munaasibi artinya " dengarkan lalu letakkan ( tanda check ) pada kotak yang sesuai. Anda diintruksikan untuk mendengarkan audio lalu anda sematkan tanda chekck pada gambar yang disebutkan dalam audio.

10. استمع إلى السؤال ثم ضع القم في المربع المناسب
Istami' ilaas Su'al Tsumma Dho'ir Roqma fiel Murobba' al Munasib artinya " Dengarkan pertanyaan lalu letakkan nomor pada kotak yang sesui".

11. تباد الحوار مع زميلك كما في المثال
Tabaadalil hiwar ma'a Zamilika artinya " berdialoglah secara bergantian dengan temanmu". Penjelasannya sama seperti nomor '6'.

12. أجب
Ajib artinya "Jawablah ! "

13. الكلام
Al Kalam artinya " Bicara"

14. صل بين الكلمتين المتماثلين
Shil bainal Kalimataini Almunaasibataini artinya " Sambungkan dua kata yang sama". Anda diintruksikan untuk mengamati tulisan dan menyambungkan dua kata yang sama. Contoh: أحمد _ أحمد


15. أجب عن الأسئلة مسبعينا بالصورة
Ajib Anil Ash_Ilah Mustaienan bisshurotin artinya "Jawablah pertanyaan dengan bantuan gamabar".

16. أكمل الحوار
Akmilil Hiwar artinya " lengkapilah percakapan berikut". Anda hanya perlu mengisi titik-titik yang ada agar percakapa menjadi sempurna.

17.هات جملا كما في المثال
Hati Jumalan Kama fiel Mitsal artinya "berikanlah sebuah kalimat sebaimana dalam contoh". Perhatikan kata kunci yang ada di bawah gambar dan kata yang ditebalkan.

18.صل بين العبارة و الصورة المناسب 
Shil Bainal Ibaroh was Shuroh Al Munasib artinya "sambungkanlah antara pernyataan dan gambar yang cocok".

19.اقرإ الفقرة ثم أجب عن الأسئلة
Iqro_il Faqroh Tsumma Ajib Anil As_Ilah artinya bacalah paragaraf berikut kemudian jawab pertanyaan.

20.  ضع  علامة (  صحيح ) على الكلمة المماثلة في كل مجموعة
Dho' alaamata (shahih) A'la Al Kalimah Al Mumatsilah artinya " Letakkanlah alamat (check) pada kalimat yang serupa pada setiap kelompok.

21.الكتابة
Al Kitabah artinya "tulisan".

22.مر بقلمك على الكلمة
Murro bi Qolamika Alal Kalimah artinya "ikuti kalimat dengan penamu". Anda diintruksikan untuk menebali tulisan yang berbayang.

23. انسخ
Insakh artinya " Salin ". Salinlah tulisan yang ada sebanyak kolom yang tersedia.

24.اختبر نفسك
Ikhtabir Nafsak artinya " Uji dirimu". Merupakan efaluasi yang diadakan setiappelajar menyelesaikan dua bab.

25. صل بين الكلمة في ( أ ) و ما يناسبها  في ( ب)ـ
Shil Bainal Kalimah Fie (hamzah) wa maa Yunasibuha fiel (ba') Artinya "Sambungkanlah kata yang ada di kelompok hamzah (alif) dengan kalimat yang cocok di ba'.

26. ضع علامة ( ) على الكلمة الغريبة
Dho' Alamata (x) Alal kalimat Ghoribah artinya "letakkanlah alamat (x) pada kata yang asing. Contoh dalam sebuah kelompok kata disebutkan kata "roti, biskuit, mie dan air" maka yang asing adalah air, karena air bukan termasuk makanan sebagaimana roti,biskuit dan mie.

27.أكمل الجمل بالكلمات التالية
Akmilil Jumal bil Kalimaatit Taliyah artinya " Lengkapilah kalimat  dengan kata-kata berikut". Isilah titik-titik yang ada pada kalimat dengan pilihan kata yang disediakan sehingga terbentuuk kalimat yang utuh.

28.صحح  الأخطأ
Shohihil Akhto' artinya "benahilah yang salah". Anda akan disuguhkan dengan sebuah kalimat yang didalamnya terdapat kesalahan, benahilah kesalahan tersebut.

29.أكمل بوضع الكلمة الصحيحة مما بين القوشين
Akmil bi wadh_il Kalimah As Shohihah Mimmaa bainal Qousaini artinya "lengkapilah dengan meletakkan kata yang benar yang terdapat dalam kurung.

30. اقرإ الفقرة ثم أجب بنعم او بلا
Iqroil Fakroh Tsumma Ajib ni Na'am Au Laa artinya " Baca paragraf berikut kemudian jawab dengan na'am atau laa".

31. الختبار النصفي
Al Ikhtibar An Nishfi artinya "Ujian Pertengahan". Adalah ujian umum yang ada setelah pelajar selesai dari 8 bab atau setengah dari buku.

32. استمع إلى الحوار ثم اختر الجواب
Istami' Ilaa Hiwar tsumma ikhtar Al Jawab artinya " Dengarkan Soal, dan pilihlah jawaban yang tepat"

33.استمع إلى العبارة ثم اكتب الجواب الصحيح
Istami' Ilal Ibaroh Tsumma Uktub Jawabas Shohih Artinya " dengarkanlah ungkapan (bacaan) kemudian tulislah jawaban yang benar.

34.اكتب الكلمة التي تسمعها
Uktub Kalimah Alati Tasma'uha artinya " Tulislah Kata yang kamu dengarkan".

35. أضف كلمتين لكل مجموعة
 Adhif Kalimataini likulli Majmuatin artinya "Tambahkanlah dua kata pada setiap kelompok". Setiap baris kata pada soal biasanya terdapat dua kata yang serumpun. Contoh: Abyadh dan Aswad. Keduanya merupakan nama warna yang artinya putih dan hitam. Yang perlu anda lakukan hanya menambahkan 2 warna lainnya.

Baiklah, saya cukupkan sampai 35 istilah saja. Bagi sobat yang menemukan istilah sulit lainnya silahkan ditanyakan di kotak komentar saja.

1 Response to "Istilah dan Intruksi Yang Banyak Digunakan dalam Kitab Bahasa Arab Baina Yadaika Jilid I"

  1. Assalaamu'alaikum ikhwan/akhwat....ana lagi mulai belajar bahasa Arab....ana ingin mendownload audio Pelajaran Baina Yadaik....tolong kalau ada infokan...jazakallohu khoiron..

    BalasHapus