Tulisan Arab Insya Allah dan Maknanya dalam Bahasa Indonesia

Kata Insyaallah merupakan sebuah kalimat yang sangat dianjurkan untuk diucapkan seorang muslim tatkala berjanji atau merencanakan suatu perbuatan di masa yang akan datang.

Kata insyaallah sebenarnya tersusun dari tiga kata bahasa arab. In (jika), Sya'a (Berkehendak) dan  Allah (Allah). Sehingga jika kita tulis dalam bahasa Arab maka seperti ini:
إِنْ شَاءَ اللهُ
Artinya:...Jika Alloh berkehendak.

Tulisan arab insyaalloh
Tulisan Arab "InsyaAlloh" yg benar & salah


Dalam Al Qur'an Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَلاَتَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَلِكَ غَدًا . إِلآ أَن يَشَآءَ اللهُ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَى أَن يَهْدِيَنِي رَبِّي لأَقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَدًا
“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap suatu perkara, ‘Sesungguhnya aku akan mengerjakannya besok pagi’, kecuali (dengan menyebut), ‘Insya Allah’. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah, ‘Mudah-mudahan Tuhanku akan memberi petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini’.” (QS. Al-Kahfi: 23-24)

Dalam ayat ini Allah Subhanahu wa ta'ala mengajarkan kepada kita untuk senantiasa mengucapkan InsyaAlloh sebagai bentuk adab kita kepada Alloh dan bentuk penyerahan segala urusan kita kepada zat yang maha mengetahui segala yang ada di bumi dan di langit, sekarang ataupun yang akan datang.

Para ulama salah satunya Ibnu Katsir mengungkapkan bahwa mengucapkan kalimat InsyaAlloh merupakan sunnah nabawiyah yang mendatangkan pahala bagi yang mengucapkan. Dan tentunya ucapan ini diucapkan dengan niat yang setulus-tulusnya untuk melakukan sesuatu atau berjanji. Tidak seperti yang kerap kita temukan di kalangan kita. Yang menggunakan InsyaAlloh untuk berkelit dari sebuah janji.

Baca Juga:

Sekian  pembahasan tentang Tulisan Arab Insya Allah dan Maknanya dalam Bahsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tulisan Arab Insya Allah dan Maknanya dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar