Nama Bulan-Bulan Hijriah Berikut Latar Belakang Penamaannya

Penanggalan hijriah atau lazim juga disebut dengan penanggalan Qomariah merupakan penanggalan yang mulai dikembangkan oleh kaum muslimin pada zaman pemerintahan Umar bin Khotob -Rodiallohu Anhu-.

Nama hijriah sendiri diambil dari kata hijrah. Hal ini karena patokan yang diambil untuk menentukan tahun pertama penanggalan islam adalah peristiwa hijrahnya Rosululloh -Sholallohu Alaihi Wa Salam- dari kota Mekah ke Madinah yang saat itu bernama Yatsrib. Yang pastinya merupakan momen yang begitu berharga bagi kaum muslimin sekaligus sebagai titik balik perubahan menuju kejayaan Islam di masa itu.

Walaupun nama penanggalan hijriah merupakan hasil ijtihad kaum muslimin, namun nama-nama bulan yang ada di dalamnya merupakan nama-nama yang sama dengan yang digunakan oleh kaum Arab pada zaman jahiliyah. Dan berikut ini kedua belas nama bulan hijriah beserta sebab penamaannya.

1. محرم ( Muharam )

Muharam adalah bulan pertama dalam penanggalan hijriah. Disebut muharram karena kaum Arab terdahulu mengharamkan peperangan pada bulan ini.

2.صفر ( Shafar )

Shafar artinya kosong atau nol. Disebut shofar karena pada bulan ini perkampungan Arab seringkali kosong dari penghuni. Hal ini lantaran mayoritas mereka keluar dari perkampungan untuk memerangi kabilah lain.

3.ربيع الأول ( Rabiul Awwal )

Robiul awwal secara harfiah dapat kita artikan sebagai musim semi pertama. Hal ini karena pada bulan ini merupakan awal musim semi ( fashlur Rabi')

4. ربيع الآخر ( Rabi'ul Akhir)

Bulan ini biasa disebut juga denga Rabiuts Tsani. Disebut demikian karena merupan bulan ke dua di musim semi dan datang setelah Robiul Awwal.

5.جماي الأولى (Jumadil Ula )

Disebut demikian karena bulan ini biasanya jatuh di musim dingin dimana air yatajammadu alias membeku.

6.جماي الآخرة (Jumadil Akhiroh)

Sama dengan bulan sebelumnya, disebut Jumadil Akhiroh karena bulan ini biasanya jatuh di musim dingin dimana air yatajammadu alias membeku. Dan ini merupakan bulan kedua atau terakhir di musim dingin.

7.رجب (Rajab)

Berasal dari kata rojaba yang artinya mencabut. Pada bulan ini konon orang Arab mulai mencabut mata tombak dari lembingnya sebagai isyarat bahwa tidak akan ada peperangan di bulan ini.

8.شعبان ( Sya'ban )

Sya'ban sendiri artinya terpisah atau pemisah.Sehingga ada yang mengatakan bahwa ini merupakan pemisah antara rojab dan ramadhan.Dan sebagian lain beralasan bahwa pada bulan ini manusia mulai berpencar untuk mencari air di lembah-lembah atau berpencar untuk memerangi kabilah lain.

9.رمضان (Ramadhan)

Adalah bulan puasa bagi kaum muslimin. Dan disebut ramadhan dikarenakan cuaca di bulan ini sangat panas.

10.شوال (Syawwal)

Disebut syawwal karena pada bulan ini unta-unta betana mulai hamil dan produksi susupun menurun.

11. ذو القعدة ( Dzul Qo'dah)

Disebut dzul qo'dah karena pada bulan ini orang Arab qu'ud alias duduk di rumah dan tidak bepergian untuk perang.

12.ذو الحجة ( Dzul Hijjah )

Disebut Dzaul Hijjah karena bulan ini merupakan bulan haji bagi kaum Arab terdahulu. Dan setelah islam datang, bulan ini tetap menjadi bulan haji bagi kaum muslimin.

0 Response to "Nama Bulan-Bulan Hijriah Berikut Latar Belakang Penamaannya"

Posting Komentar