Kamis, 21 Agustus 2014

Tips Memecahkan Kalimat Sukar Saat Membaca Buku Arab I

Dalam kegiatan membaca dan mutholaah, sering kali kita mendapatkan beberapa kosa kata yang sukar dipahami. Tidak jarang hal ini membuat kita putus asa dan berhenti membaca atau menelaah sebuah buku. Padahal hal seperti ini sangatlah lumrah, mengingat kemampuan dan perbendaharaan kosa kata yang setiap orang miliki pastinya berbeda-beda. 

Kenyataannya ada orang yang memiliki tabungan kosa kata yang pas-pasan karena memang dia seorang muptadi alias pemula. Dan ada pula orang yang memiliki perbendaharaan kosa kata yang luar biasa banyaknya sehingga layak disebut dengan kamus berjalan.

Bagi anda yang termasuk kelompok pertama yang memiliki kosa kata  sangat terbatas alias limited medit anda bisa menempuh beberapa alternatif berikut:

1. Bertanya Kepada Guru atau Senior yang Lebih Tau.

Nampaknya cara ini merupakan cara yang paling mudah sekaligus  paling efektif dan aman bagi para pemula. Biasanya dengan bertanya kita bisa menemukan ma'na dari kata tertentu sekaligus penjelasan ma'na utuhnya dalam sebuah kalimat atau gagasan. Untuk melakukan hal ini , anda hanya butuh berbekal keberanian dan  sedikit keahlian untuk memelas dan memohon bantuan kepada guru atau senior .

2. Membuka Kamus.

Cara yang ke dua ini juga tidak kalah praktis dengan cara yang pertama. Bedanya, kali ini anda dituntut untuk lebih mandiri dan sedikit memutar otak untuk memahami makna utuh sebuah kata dalam sebuah kalimat atau paragraf. Dan yang tidak kalah penting, anda juga harus faham cara membuka kamus yang baik dan benar. Kalau tidak, anda hanya akan bertambah pusing tanpa menemukan solusinya.
Baca postingan terkait Bagai Mana Cara Membuka Kamus Bahasa Arab yang Benar ?

3. Menghafal Kosa Kata.

Cara ini termasuk langkah jangka panjang yang bisa anda tempuh. Dengan banyak menhafal berarti anda sedang melakukan usaha untuk menjadikan diri anda kamus berjalan. Dan semakin banyak anda menghafal berarti semakin sedikit pula kata sukar yang akan anda temukan ketika membaca.

4. Membuka Terjemahan.

Sebenarnya ini merupakan jalan pintas bagi anda yang terkendala dengan kata atau kalimat-kalimat sukar dalam sebuah buku. Cara ini sangat praktis tapi kurang mempunyai dampak positif untuk perkembangan bahasa anda. Lagi pula tidak semua buku sudah ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Selamat mencoba !!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon