Bagaimana Cara Membuka Kamus Bahasa Arab yang Benar ?

Kamus Arab ke Arab
Pada Postingan yang lalu telah memaparkan beberapa tips memecahkan kalimat sukar saat membaca kitab Arab. Dan salah satu tips yang telah Arabiyana berikan adalah dengan cara merujuk ke kamus bahasa Arab.

"Trus apa susahnya merujuk kamus ?"
"Bukannya tinggal buka saja .... ?

Untuk kamus bahasa Inggris atau Indonesia mungkin bisa dikatakan begitu. Jika kita ingin menemukan arti dari sebuah kata, kita hanya butuh mengurutkan kata sesuai alfabet dimulai dari huruf awal dan seterusnya. Tapi untuk kamus bahasa Arab caranya tidak sesederhana ini. Ada kaidah-kaidah khusus yang musti dilakukan.

Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan tatkala ingin menemukan arti dari sebuah kata dalam kamus bahasa Arab.

1. Sebelumnya anda perlu mengetahui bahwa kamus bahasa Arab terdiri dari 28 bab sesuai huruf hijaiyah dimulai dari alif, ba', ta' dan seterusnya.

2. Anda harus menghapus semua huruf tambahan yang melekat pada kata tersebut sehingga menjadi fi'il Madhi Mujarod (Mujarod Tsulasi/ Mujarod Ruba'i). 
Di sini kita  akan mencoba mengambil contoh kata Istaghfaro  (اِسْتَغْفَرَ). Jika kita perhatikan kata ini termasuk kataghori Tsulasi Mazid dengan tiga huruf tambahan yaitu Alif, Sin dan Ta' ( ا, س , ت ). Sehingga setelah kita buang huruf tambahannya kata  اِسْتَغْفَرَ menjadi  غَفَرَ

3. Kembalikan Huruf-huruf Naqisoh pada kalimat aslinya.
Contoh : 
Kamus Arab-Indonesia
  • Fi'il amri صِلْ menjadi وَصَلَ
  • Fi;il Amri عُدْ menjadi وَعَدَ
4. ‘Uraikan tasydid yang terdapat pada fi'il mudhoaf.
Contoh :
  • Kata مَدَّ  menjadi مَدَدَ
  • Kata  شَدَّ menjadi شَدَدَ
5. Kembalikan Harfun I'lah ( khusus alif ) pada bentuk sebenarnya yaitu  Ya' atau Wawu ( ي | و)
  • Jika kita dapati huruf i'lah berupa Alif Maksuroh (ى) seperti dalam kata مَشَى maka kita harus mengembalikannya pada huruf semula yaitu ya' ( ي)sehingga menjadi مَشَيَ
  • Sedangkan jika huruf i'lahnya berupa Alif Mamdudah ( ا ) seperti dalam kata maka قَالَ kebanyakan akan dikembalikan menjadi huruf Wawu sehingga menjadi   قَوَلَ . Walaupun ada juga yang dikembalikan ke huruf ya seperti َبَاع menjadi بَيَعَ
6. Langkah terakhir adalah mencari ma'nanya sesuai urutan alfabet arab layaknya pada kamus-kamus yang umum kita temui.

Kamus Indonesia - Arab
Nah itulah beberapa langkah membuka dan menemukan arti kata sukar pada kamus bahasa Arab. Kaidah ini berlaku umum hampir di semua kamus bahasa Arab kecuali pada kamus-kamus moderen seper Mu'jam baina yadaika yang khusus disusun untuk non Arab dengan tujuan memudahkan pencarian. Adapun kamus sejenis Lisanul Arab maka perbedaannya terletak pada urutan alfabetisnya saja. Dan insyaAlloh akan Arabiyana coba bahas di kesempatan yang lain.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuka Kamus Bahasa Arab yang Benar ?"

Posting Komentar