Keutamaan Bahasa Arab Bagi Muslim

Secara umum Bahasa Arab memang merupakan bahasa yang cukup mendunia. Bahasa arab menjadi bahasa resmi di sekitar 25 Negara dan dipakai oleh lebih dari 279 ribu penduduk dunia sebagai bahasa utama dan 130 ribu lainnya sebagai bahasa ke dua.
Terlepas dari keutamaan di atas, ternyata bahasa yang tergolong dalam kelompok bahasa Semit Tengah dan merupakan salah satu bahasa tertua di dunia ini memiliki kedudukan khusus di tengah-tengah kaum muslimin.

Bahasa Arab Bagian Dari Islam
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad – Shalallohu Alaihi Wa Salam- muncul dan berkembang pertama kali di Jazirah Arab. Dan Alloh Subhanahu Wa Ta’ala memilih Bahasa Arab sebagai bahasa Alqur’an dan menjadikannya sebagai petunjuk bagi setiap muslim. Bahkan banyak sekali ibadah seperti sholat, berdo’a, membaca Alqur’an serta syi’ar-syi’ar islam lainnya tidak dapat kita tunaikan dan kita ma’nai secara sempurna melainkan dengan Bahasa Arab.
Ibnu Taimiyah – Rahimahulloh- menuturkan: “Sesungguhnya Bahasa Arab merupakan sebagian dari agama sehingga memahaminya merupakan suatu hal yang wajib. Memahami Al qur’an dan As sunnah merupakan fardhu dan keduanya tidak bisa dipahami dengan baik melainkan dengan Bahasa Arab. Maka sesuatu yang menjadikan sebuah kewajiban menjadi tidak sempurna tanpanya, menjadi wajib pula hukumnya”

Menjaga Seseorang dari Syubhat dan Bid’ah
Imam Syafi’ie – Rohimahulloh – seorang alim besar pencetus Madzhab Fiqih Syafi’e pernah berkata : “Manusia tidak akan terjerumus dalam kebodohan dan ikhtiaf (dalam persoalan Agama) melainkan karena mereka meninggalkan Bahasa Arab dan lebih condong pada Bahasa Aristoteles”

Syi’ar Islam dan Pemeluknya
Bisa dikatakan bahwa bahasa adalah syi’ar dan lambang kebanggaan sebuah bangsa. Setiap bangsa notabene memiliki bahasa yang berbeda sebagai ciri khas yang tidak dimiliki orang bangsa lain.

Kuatnya Bahasa Arab indikasi besarnya Islam
Mungkin ada diantara kita yang bertanya-tanya; “Kenapa tatkala meruntuhkan Khilafah, Mustafa kama At tatruk menghapus bahasa Arab dari bahasa resmi negara ?
Tujuannya bukan Bahasa Arab kurang populer,tapi tujuannya adalah untuk menjauhkan Islam dan sistem pemerintahan yang diusungnya (khilafah) dari lubuk harti penduduk Turki.Dan ini terbukti efektip untuk jangka waktu yang cukup lama.

Bahasa Pemersatu Kaum Muslimin
Dengan Bahasa Arab kita akan lebih mudah terhubung dengan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia manapun. Sehingga rasa bahwa kita adalah bersaudara akan semakin kental dan persatuanpun akan semakin kuat.


0 Response to "Keutamaan Bahasa Arab Bagi Muslim"

Posting Komentar