Jumat, 18 Juli 2014

5 Tips Ampuh Belajar Bahasa Arab Untuk Para Pemula

Tips ini sebenarnya Arabiyana tujukan bagi mereka kalangan non pesantren yang ingin menguasai atau sekedar  mencicipi manisnya bercakap-cakap dengan bahasa Al qur’an. Tapi tidak ada salahnya juga bagi anda yang sekarang sedang belajar intensif di pesantren atau perguruan-perguruan tinggi yang mengajarkan bahasa Arab untuk membaca artikel berikut untuk sekedar perbandingan atau menambah wawasan.

Berikut tips belajar bahasa Arab bagi pemula agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Awali dengan belajar ungkapan dan percakapan ringan

Anda bisa memulai belajar bahasa arab dengan menghafal ungkapan ringan yang sering dipergunakan dalam keseharian.

Misalnya :
هذا القلم  ini meja و هذا الكتاب  dan ini buku.

Atau lebih efektif lagi jika anda dapat menghafalkan beberapa percakapan praktis bahasa Arab seperti tersaji dalam buku-buku bahasa arab untuk pemula semisal Al Arabiyah Baina Yadaik,  Durusul Lughoh Al Arabiyah dan buku semisal.

Perbanyak Perbendaharaan Kosa Kata

Menurut beberapa pakar, kosa kata memiliki andil yang sangat besar dalam proses belajar bahasa. Ibarat pistol, kosa kata adalah amunusi yang siap dimuntahkan dari moncong pistol kita. Semakin banyak amunisi yang kita miliki, semakin banyak pula yang kita bisa muntahkan dari moncong pistol kita. 

Mulai sekarang perbanyaklah menghafal kosa kata. Mulailah berranya kepada teman atau guru anda tentang makna sebuah kata dalam bahasa Arab. Jangan lupa juga untuk meminta mereka untuk menuliskannya untuk anda dalam sebuah buku kecil. Dengan begitu anda bisa membukanya jika sewaktu-waktu anda anda lupa.

Atau kalau anda ingin lebih praktis lagi, anda bisa membeli kamus saku yang menghimpun kosakata-kosakata populer.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara menghafal kosakata yang baik, anda dapat membaca artikel berjudul Cara Efektif Menghafal Kosakata

Hindari menyibukkan diri dengan istilah Nahwu dan Shorof

Menghafal istilah-istilah nahwu dan shorof lebih dianjurkan bagi mereka yang sudah berada pada tahap lanjutan. Sedangkan bagi mubtadi’ alias newbee hal-hal seperti ini hanya akan membuat bingung dan menghabiskan waktu.

Saya sendiri sering melihat fenomena seperti ini. Ada beberapa lembaga yang membuka bimbel "Cara Kilat Menguasai Nahwu Shorf", "Cara Kilat Belajar Membaca Kitab" dan judul-judul lain yang nampak begitu menarik.

Namun sangat disayangkan, bila ternyata pesertanya adalah para pemula yang miskin kosakata. Akhirnya mereka hanya mendapatkan pengetahuan tentang bahasa Arab bukan keterampilan berbahasa Arab.

Saran saya fokuslah terlebih dahulu dengan point nomor satu dan dua, baru setelah ada peningkatan signifikan anda bisa sedikit demi sedikit belajar istilah-istilah nahwu dan shorof.

Mencari Komunitas Berbahasa

Ini sangat membantu anda terutama dalam hal mempraktikan keterampilan verbal berbahasa. Carilah komunitas atau orang yang bisa anda ajak bercakap-cakap dengan bahasa Arab. 

Di zaman sekarang mencari komunitas berbahasa bukanlah hal yang sulit. Banyak sekali komunitas-komunitas berbahasa yang dapat anda temukan di berbagai jenis sosial media dan jejaring sosial seperti Facebook, Twetter, WA, Tellegram, BBM dan lain sebagainya.

Namun jika anda termasuk orang yang akag alergi dengan sosmed dan jejaring sosial, anda bisa mencoba untuk mencari info di kota sekitar anda tentang keberadaan komunitas bahasa Arab. Atau jika perlu anda dapat mengumpulkan teman-teman anda lalu ajak mereka membuat komitmen bersama untuk saling berbicara bahasa Arab.

Perbanyak Membaca Al Qur’an dan Teks Arab

Semua isi Al qur’an adalah bahasa Arab. Bahkan jika kita telisik lebih jauh sebenarnya banyak cabang ilmu bahasa Arab dikembangkan untuk membantu orang memahami Al Qur’an.
Selain itu membaca Al qur’an juga agan melatih lisan anda untuk lebih lincah mengucapkan kata demi kata bahasa Arab. Sehingga semakin lancar anda membaca Al qur’an, maka semakin mudah pula anda berbicara dengan bahasa Arab.

Selain Al qur'an anda juga bisa membaga teks-teks ringan berupa cerita atau semisalnya. Untuk permulaan pilihlah teks yang berharokat penuh sampai lisan anda benar-benar terbiasa membaca Arab.

Nah itu mungkin beberapa tips yang bisa anda praktikan dalam mengawali belajar bahasa Arab. Dan semuanya tentunya akan kembali pada usaha dan do’a anda. Semoga berhasil.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon