Sabtu, 12 Juli 2014

5 Buku Pelajaran Arab untuk Non Arab Paling Legendaris

Pada posting yang lalu Arabiyana telah memaparkan Keutamaan Bahasa Arab sebagai bahasa dunia dan keutamaannya bagi seorang muslim. Tetapi dalam praktiknya, terkadang mengajarkan Bahasa Arabkepada non Arab tidaklah sesederhana yang kita kira. Perlu perlakuan khusus serta metodelogi yang khusus pula. Berikut beberapa buku yang disusun khusus untuk non Arab yang terbilang cukup legendaris terutama dikalangan kita orang Indonesia.





Silsilah Arabiyah Baina Yadaik
Merupakan buku pelejaran Bahasa Arab yang diterbitkan oleh Arabiyah Lil Jami’ yang berpusat di Riyadh,Saudi Arabiya. Buku ini cukup praktis dan sistematis dengan metodelogi moderen yang merangkum empat keterampilan bahasa sekaligus dalam setiap jilid dan marhalah.
Silsilah Arabiyah Baina Yadaik terdiri dari empat marhalah; Muptadi’( pemula: 2 jiid), Mutawasith (menengah: 2 jiid), Mutaqodim (lanjutan:2 jiid) dan Mutamayyiz (mahir:2 jilid). 


Durusul Lughoh Al Arobiyah
Buku yang di karang oleh Dr.V. Abdur Rahim ini merupakan buku panduan bahasa Arab yang di terbitkan oleh Universitas Islam Madinah. Buku ini terbilang buku lama namun cukup teruji efektifitasnya dalam mempermudah para pelajar memahami dasar-dasar bahasa Arab. Terdiri dari tiga jilid dengan tingkat kesulitan yang berfariasi sesuai marhalah.
 
Silsilah Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah

Merupakan sisilah yang menurut saya paling lengkap sekaligus paling banyak macamnya. Silsiah ini diterbitkan oeh Universitas Imam Muhammad bin Su’ud Al Islamiyah dan diajarkan di ma’ahid cabang dari universitas tersebut dan ma’ahid lain semisal ma’ahid di yang berada di bawah naungan AMCF. Disusun untuk empat mustawa dan terdiri dari belasan judul seperti Nahwu, Shorf, Ta’bir, Qiro’ah, adab, baloghoh dan lain sebagainya .


Al Arobiyah Lin Naasyiin.
Merupakan sisilah yang ditulis oleh Mahmud ismail Shini dan merupakan salah satu buku yang telah disusun sacara sistematis dan mengedepankan pengembanagan empat kemampuan dasar bahasa yaitu maharotul kalam, kitabah, istima’dan qiroah. Terdiri dari 6 jiid dan telah banyak dijadikan bahan ajar baik secara intensif maupun non intensif di berbagai universitas dan Ma’ahid.
Durusu Lughoh Al Arabiyah Gontor
Ini bisa dibiang buku pusakanya gontor. Buku ini sudah bertahun-tahun dan turun temurun diajarkan di Kuliatul Mu’alimin Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor dan pondok-pondok pesantren alumninya. Ditulis oleh Imam Zarkasi dan Imam Syubani dan diperuntukkan untuk para pemula dalam belajar bahasa Arab.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon